Menulis Buku Bukan Lagi Mimpi dengan Mengikuti kelas #60HMB!

Silakan ketik kata kunci

Menulis Buku Bukan Lagi Mimpi dengan Mengikuti kelas #60HMB!


Oleh Soni Harsono*

Memiliki buku karya sendiri adalah mimpi sebagian besar orang yang menyukai dunia sastra, membaca, dan menulis. Namun, terkadang begitu banyak hambatan dan alasan yang mengganggu proses kita untuk berkarya menulis sebuah buku. Dan hal itu membuat kita mengabaikan mimpi kita untuk berbagi pengetahuan melalui buku.

Menulis adalah salah satu bentuk komunikasi nonverbal, yaitu penyampaian pesan dari penulis kepada pembaca melalui bahasa penulisan. Jangkauannya lebih luas tanpa batas, artinya ketika kita berhasil menelurkan sebuah buku, dunia akan menerima hasil pemikiran dan proses kreatif kita. Menyenangkan bukan? Kita bisa berbagi ilmu pengetahuan tanpa batasan ruang dan waktu.

Ada cara yang mudah dan cepat untuk menulis buku. Tidak perlu bertahun-tahun kita mengendapkan naskah hasil pemikiran kita, karena kita dipaksa oleh diri sendiri secara sadar untuk konsisten dan berkomitmen tetap menulis dan membaca, sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.

60 Hari Menulis Buku (60 #HMB), adalah kelas menulis secara online via WhatsApp untuk calon penulis. Ternyata selama 60 hari saya bisa menulis buku, bukan lagi hanya sebagai angan-angan dan kerangka berpikir yang tersimpan dalam waktu yang lama.

Karena di dalam kelas #60MHB, materi yang disajikan sangat menarik, mulai dari materi yang sangat dasar sampai materi tentang penerbitan, belum lagi dengan film yang berkaitan dengan dunia penulisan dan penerbitan, membuat saya semakin bersemangat untuk tetap menulis dan membaca setiap hari.

Komunikasi yang terjalin bersifat dua arah dan kekeluargaan, itu membuat saya merasa betah bahkan tertantang, karena selalu ada challenge dari mentor, challenge menulis tentang suatu tema, Reading and Writing Challenge setiap hari. Dengan begitu membuat saya terus berlatih dan konsisten pada tujuan utama kelas #60HMB, yaitu harus sudah menyelesaikan naskah buku pada hari ke 60.

Melalui #60HMB, saya mendapatkan banyak ilmu kepenulisan yang langsung saya praktikkan ke dalam proses penulisan naskah buku. Menata waktu yang tepat untuk membaca dan menulis, cara mengatasi blocking idea, cara mengatasi mood yang tiba-tiba kadang berantakan. Semua anggota yang ada di group saling memotivasi, menyemangati dan memberi masukan ketika salah satu anggota mempunyai hal yang menghambat dalam proses menulis.

Dan yang membuat saya terpaku adalah ketika naskah saya berhasil selesai sesuai tepat waktu. Mimpi untuk menerbitkan buku bukan lagi sebagai angan-angan yang hanya tertulis dalam kerangka berpikir, dan tersimpan begitu saja di dalam folder komputer.

*Alumni #60HMB Batch 2

Telah dibuka Kelas Menulis 60 Hari Menulis Buku Batch 4. Info lengkap di sini 

SmileShare @RafifAmirAhnaf @rafif_amir
Cancel